Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengingatkan kita agar jangan meremehkan sekecil apapun kebaikan yang diberikan oleh saudara kita, walau itu hanya sekedar senyum dan muka yang berseri seri.

Namun ternyata, ada kebaikan yang lebih besar daripada hanya sekedar senyum dan muka yang berseri seri yang suka kita remehkan.

Apakah itu?

Yakni kebaikan mengingatkan agar bersabar terhadap pemerintah yang dholim, tidak keluar dari ketaatan kepada nya dalam hal yang ma’ruf, dan tidak melakukan perlawanan untuk menjatuhkan nya; sebagaimana inilah sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah untuk menghindari terjadinya madhorot yang lebih besar.

***
Kebaikan yang lebih utama ini sering diremehkan, bahkan kadang jika diberikan nasehat suka dibilang “nyinyir”.

Padahal orang yang memberikan nasehat dengan muka masam akan sunnah yang benar, lebih baik dibandingkan orang yang mengajak kepada kebid’ahan dengan muka penuh senyum berseri seri.

Tentu saja memberikan nasihat untuk mengikuti sunnah dengan muka masam itu salah, akan tetapi itu lebih baik dari mengajak kepada bid’ah dan kerusakan serta pertumpahan darah dengan muka ramah penuh senyum berseri seri.

Advertisements