Dasar pemahaman :

1. Pemahaman yang penting mengenai Tawassul dan Tabarruk

https://kautsaramru.wordpress.com/2017/10/12/pemahaman-yang-penting-mengenai-tawassul-dan-tabarruk/

*
Detail point-point pemahaman penting mengenai Tabarruk :

2. Kesalahan mengqiyaskan Tabarruk kepada Rasulullah guna ber-Tabarruk kepada orang Sholeh selain Rasulullah. Ini adalah pendapat salah yang mutlaq harus dibenarkan, guna menjaga Aqidah Ummat

https://kautsaramru.wordpress.com/2017/10/12/pemahaman-penting-mengenai-tabarruk-kesalahan-mengqiyaskan-tabarruk-kepada-rasulullah-guna-ber-tabarruk-kepada-orang-sholeh-selain-rasulullah-ini-adalah-pendapat-salah-yang-mutlaq-harus-dibenarkan/

3. Perincian penjelasan berdasarkan petunjuk hadits dan kenyataan sejarah, bahwa seluruh barang peninggalan bekas Rasulullah, yang secara syariat boleh digunakan untuk Tabarruk, telah tiada pada zaman kita sekarang.

Sehingga semua klaim bahwa ini adalah barang bekas peninggalan Rasulullah, hanyalah merupakan kedustaan dan hal yang tidak bertanggung jawab semata.

Demikian juga Tabarruk napak tilas tempat tempat bersejarah lainnya.

https://kautsaramru.wordpress.com/2017/10/12/pemahaman-penting-mengenai-tabarruk-3/

4. Tabarruk kepada makam Rasulullah itu terlarang, demikian juga tawassul dan istighotsah kepada makam Rasulullah. Apalagi terhadap makam selain Rasulullah, baik itu makam orang Sholeh, wali, ulama, sunan dan makam makam lainnya.

https://kautsaramru.wordpress.com/2017/10/12/pemahaman-penting-mengenai-tabarruk-4/

5. Tabarruk dengan benda yang terdapat ayat-ayat Al Qur’an yang ditulis, digantung, disimpan, dijadikan jimat, rajah, ataupun dicampur dengan tulisan lain yang tidak jelas maksudnya.

Baik itu dengan tujuan tolak bala, untuk mendapatkan kesaktian, guna perlindungan, mendatangkan rezeki, dan lain lain yang semisal.

Maka itu adalah Tabarruk yang haram, merendahkan kesucian ayat-ayat Al Qur’an walaupun orang melakukannya tidak tahu, dan wajib untuk diingkari.

https://kautsaramru.wordpress.com/2017/10/12/pemahaman-penting-mengenai-tabarruk-5/

*
Buku referensi yang direkomendasikan dalam memahami Tawassul dan Tabarruk :

6. Buku yang direkomendasikan, yang komprehensif dalam membahas masalah Tabarruk

https://kautsaramru.wordpress.com/2017/10/12/buku-yang-direkomendasikan-yang-komprehensif-dalam-membahas-masalah-tabarruk/

7. Buku yang direkomendasikan dan komprehensif dalam membahas masalah Tawassul

https://kautsaramru.wordpress.com/2017/10/12/buku-yang-direkomendasikan-dan-komprehensif-dalam-membahas-masalah-tawassul/