Suatu kenikmatan dan kelapangan yang Allâh berikan, maka jika itu biasa kita manfaatkan dalam ketaatan kepada Allah.

Maka itu adalah tanda keberkahan daripada nikmat dan kelapangan yang Allah berikan

***
Demikian juga sebaliknya, jika suatu kenikmatan dan kelapangan itu digunakan untuk bermaksiat kepada Allah.

Maka itu adalah tanda dari “istidroj” (sengaja dibiarkan dalam maksiat dan kesesatan, agar nanti di akhirat hukumannya lebih berat), dan tiadanya keberkahan dari nikmat dan kelapangan yang Allah berikan kepada kita.

***
Kalau misalnya digunakan hanya untuk senang senang dan hiburan saja, yang tidak berpahala dan juga tidak dosa maksiat bagaimana?

Al jawab, tidak mengapa asalkan secukupnya saja. Karena manusia itu butuh hiburan dan permainan untuk senang senang juga, asalkan tidak berlebihan.

“saa’atan, saa’atan” (sesekali waktu, sesekali waktu) kalau kata Rasulullah.

Bahkan senang senang dan hiburan itu perlu ketika kita dilanda kebosanan dan futur dalam beramal. Daripada digunakan untuk bermaksiat, maka ya mending digunakan untuk yang senang senang asal nggak dosa.

***
Kembali ke bahasan awal.

Jadi di era modern ini nikmat dan kelapangan yang umumnya paling mudah didapatkan itu adalah, “kuota internet”.

Hal ini jangan diremehkan, karena inilah salah satu nikmat dan kelapangan yang dekat dengan kita yang senantiasa diakses lewat HP kita, gadget kita, atau laptop kita.

Maka dari itu gunakanlah kenikmatan Internet ini guna ketaatan kepada Allah. Bisa dengan menulis, share tulisan, lihat video kajian atau dengar video kajian, unduh ebook ulama, ambil faedah dengan banyak membaca tulisan berkaitan dengan manhaj, dan lain lain.

Nah ini adalah tanda dari keberkahan Internet kita.

Kalau yang jomblo bagaimana?

Kalau yang jomblo ya gunakan nikmat dan kelapangan internet kita dalam kebaikan juga. Bantu bantu dakwah. Dan cari jodoh untuk mengakhiri masa lajang sebenarnya juga gpp. Asal cara dan wasilah nya sesuai. Awas lho ya, hehe.

Kalau yang faqir kuota gimana?

Ya itu derita antum… . Sabar saja ya.

Advertisements