Syaikh ibn Baz mempunyai beberapa qoul fatwa berkaitan dengan Ikhwanul Muslimin.

Yang mana sebagian selalu dijadikan tameng dan kedok bagi Ikhwanul Muslimin untuk dipelintir pelintir. Sedangkan sebagian lagi sengaja disembunyikan dan tidak pernah ditampilkan, karena merugikan mereka.

Demikian juga keadaan beberapa ulama Kibar lainnya.

Sikap ini lumrah dilakukan oleh Ikhwanul Muslimin, dengan didasarkan atas sikap Hizbiyyah mereka yang kuat.

Para anggota IM apalagi para Da’i nya, memang senantiasa diajarkan sikap hizbiyyah dan opportunis sebagai pondasi pemahaman mereka, sepanjang bisa menguntungkan Harokah nya.

Atas dasar itu, maka saya mencoba untuk mengumpulkan semua fatwa qoul para ulama dimulai dari Syaikh ibn Baz, untuk kemudian saya tampilkan dalam bentuk serial tulisan secara bertahap.

Harapannya agar kita bisa mengetahui secara ilmiah seluruh fatwa beliau mengenai Ikhwanul Muslimin itu sendiri.

****
Fatwa Syaikh ibn Baz yang terakhir mengenai Ikhwanul Muslimin, yang diberikan 2 tahun sebelum beliau meninggal.

Soal :

“Semoga Allah memperbaiki kondisi Anda. Berkaitan dengan hadits Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam mengenai masalah perpecahan umat yang berbunyi: [“Umatku akan berpecah-belah menjadi 73 golongan kecuali satu”]. Al Hadits

Maka Jama’ah Tabligh dengan berbagai macam kesyirikan dan bid’ah yang mereka kerjakan.

Dan Jama’ah Al-Ikhwanul Muslimun dengan berbagai macam hal yang ada pada mereka yang berupa tahazzub (sikap hizbiyyah atas dasar loyalitas loyalitas kepada jamaah), dan sikap menentang serta membelot kepada pemerintahan (revolusi, demo, provokasi, dan penyebaran berita tendensius untuk menjatuhkan kepercayaan rakyat kepada pemerintah).

Maka apakah kedua kelompok ini termasuk 72 golongan yang binasa tersebut (yang disebutkan dalam hadits Rasulullah itu) ?

*
Beliau ibn Baz rohimahulloh menjawab:

“Masuk dalam 72 golongan. Semua orang yang menyelisihi aqidah Ahlis Sunnah masuk dalam 72 golongan tersebut.

Yang dimaksud dengan perkataan (أمتي) “Ummatku” [di dalam hadits tersebut – pent] itu adalah Umat Ijabah (yang menerima dakwah Islam). Atau orang orang yang mau menerima ajaran Islam [yang haq dan sesuai sunnah – pent] dan mendhohirkan mengikuti ajaran Islam tersebut [yang haq dan sesuai sunnah – pent].

Dari pecahan golongan Islam yang berjumlah 73 golongan itu, maka satu golongan yang selamat itu adalah yang mau mengikuti ajaran Rasulullah yang haq dan istiqomah di atas agamanya.

Sementara 72 golongan lainnya yang menyimpang itu, di antara mereka ada yang kafir, ada yang pelaku maksiat, dan ada yang merupakan pelaku ke-bid’ah-an dengan berbagai macam corak dan jenisnya”.

*
Penanya menimpali :

“Maksudnya apakah kedua kelompok firqoh ini [jamaah Tabligh dan Ikhwanul Muslimin – pent] ini termasuk ke dalam kategori 72 golongan yang menyimpang tersebut?”

*
Beliau menjawab :

“Ya, keduanya masuk dalam kategori 72 golongan yang menyimpang tersebut. Begitu juga dengan Murji’ah dan Khowarij.

Sebagian ulama’ memandang bahwa Khowarij termasuk golongan orang kafir yang telah keluar dari Islam, akan tetapi mereka tetap memasukkannya ke dalam keumuman kategori 72 golongan tersebut (walaupun kafir) ”.

*
[Transkrip Rekaman Tanya Jawab Pelajaran “Syarh Al-Muntaqo” di kota Thoif. Ini adalah majlis Syaikh ibn Baz, sekitar 2 tahun sebelum beliau meninggal. Rohimahulloh wa ghofaro lahu]

Yakni sekitar 1418 H, Syaikh ibn Baz meninggal pada tahun 1420 H bertepatan dengan tahun 1999 M.

Lihat : https://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=3771

Rekaman suara Syaikh ibn Baz tersebut dapat didengar di : https://youtu.be/i9njr4l3aHY

***
Transkrip teks Arab Asli :

السائل : أحسن الله إليك حديث النبي صلى الله عليه وسلم في افتراق الأمم قوله : (ستفترق أمتي على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة ) الحديث ؟ – فهل جماعة التبليغ على ما عندهم من شركيات وبدع ،وجماعة الإخوان المسلمين على ما عندهم من تحزب وشق العصا على ولاة الأمر…هل هاتان الفرقتان تدخلان في الفرق الهالكة ؟

الشيخ ابن باز رحمه الله : تدخل في الاثنتين والسبعين ، ومن خالف عقيدة أهل السنة دخل في الاثنتين والسبعين ، المراد بقوله (أمتي) أي : أمة الإجابة أي : استجابوا له وأظهروا اتباعهم له، ثلاث وسبعون فرقة الناجية السليمة التي اتبعته واستقامت على دينه ، واثنتان وسبعون فرقة فيهم الكافر وفيهم العاصي وفيهم المبتدع أقسام .

السائل : يعني هاتان الفرقتان من ضمن الاثنتين والسبعين .

الجواب : نعم من ضمن الاثنتين والسبعين والمرجئة والخوارج ،بعض أهل العلم يرى الخوارج من الكفار خارجين لكن داخلين في عموم الاثنتين والسبعين

المرجع : عن شريط في درس شرح المنتقى في مدينة الطائف وهو مسجل قبل وفاته بسنتين ، رحمه الله وغفر له