Salah satu klausul MI yang sangat terkenal adalah :

“Jika kamu tertangkap ketika menjalankan misi ini, maka kami akan menyangkal seluruh keberadaan dan hubunganmu dengan kami.”

Senada dengan yang dilakukan oleh MI ini, maka ini bisa sedikit menjawab mengapa tidak pernah ada cabang perwakilan resmi Ikhwanul Muslimin di Indonesia?

Kenapa kok tidak pernah ada juru bicara resmi Ikhwanul Muslimin di Indonesia?

Berbeda dengan HAMAS misalnya, yang mana HAMAS itu resmi dan terang terangan mengaku sebagai sayap organisasi Ikhwanul Muslimin di Palestina. Adapun kalau di Indonesia, tidak ada yang resmi.

***
Walaupun begitu,
sebenarnya dengan adanya konsep tandzim sirriyah (organisasi tersembunyi) yang dimiliki oleh Ikhwanul Muslimin, orang orang dan organisasi yang pro IM itu memiliki hubungan organisasi dengan Mursyid Aam Ikhwanul Muslimin dalam skala hubungan internasional.

Walaupun tidak pernah ada pernyataan resmi, namun dari bau hizbiyyah yang sangat kental dan fikroh ikhwani yang kuat, kita sebenarnya mudah dalam mengidentifikasi hubungan suatu individu atau organisasi dengan Ikhwanul Muslimin.

Dan sesuai dengan hadits Rasulullah, “Man tasyabbaha bi qoumin fahuwa minhum” (Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia adalah bagian dari mereka), maka sah sah saja kita sebut orang orang seperti itu sebagai orang IM. Atau boleh juga dikatakan dengan bahasa yang lebih lembut sebagai pro IM.

***
Disisi lain karena memang sejak awal IM itu memiliki sejarah pembunuhan politik dan usaha perebutan kekuasaan yang kelam (Lihat tulisan postingan kami sebelumnya), sehingga beberapa negara menganggapnya sebagai organisasi terlarang.

Maka memang lebih strategis jika tidak usah ngaku ada hubungan resmi saja. Yang penting kita sama-sama tahu dan memiliki hubungan tandzim sirriyah saja. Kan antum sudah bai’at…

Alasan juga bertambah semakin kuat terutama semenjak tahun 2014 Saudi sudah menetapkan Ikhwanul Muslimin sebagai organisasi teroris. Setelah sebelumnya Saudi sudah bersabar sejak tahun 50-an menampung para exodus IM, dan ternyata malah dirongrong dan ditikam dari belakang.

50 tahun lebih Saudi bersabar terhadap ulah IM.

****
Omong omong yang awal tadi disebut istilah MI. Apa itu? Kebalikan dari istilah IM?

Oh itu MI itu artinya Mission Impossible. Itu film Mamarika. Kan dulu beberapa tahun yang lalu itu, terkenal ada suatu organisasi pro IM di Indonesia yang mengimbau para kadernya untuk melihat film Mission Impossible yang dibintangi Tom Cruise itu.

Untuk inspirasi dan memompa semangat perjuangan lah istilahnya. Mungkin juga karena ada perasaan sepenanggung sependeritaan, antara latar belakang organisasi itu dengan film Mamarika Mission Impossible itu kali ya?

I feel you Tom Cruise…..

 

*****

Tanya :

PKS itu bukannya IM jg ya Pak Ustad?

Jawab :

IM itu punya situs Wikipedia ala IM yang disebut Ikhwanwiki.

Di bawah sub judul (الإخوان في إندونيسيا الآن) “Ikhwanul Muslimin di Indonesia sekarang ini” , memang disebut sebut adanya PKS (حزب العدالة والرفاهية الإسلامي).

Namun disitu hanya dijelaskan bahwa,

“PKS dianggap dibentuk dari corak pemikiran dan bentuk organisasi IM.”

Tidak ada keterangan resmi bahwa PKS itu organisasi bentukan IM, atau PKS itu adalah organisasi resmi dibawah IM international.

Quote :
يعتبر حزب العدالة والرفاهية الإسلامي هو الامتداد الفكري والتنظيمي لجماعة الإخوان المسلمين، وهو حزب إسلامي إمتدادا لحزب العدالة الذي تأسس في 20 يونيو 1998م، وفي 20 أبريل 2002م تغيير للاسم الجديد حزب العدالة والرفاهية الإسلامي وهو الحزب الوحيد الذي يدعو إلى تطبيق الشريعة ويرأسه الآن الدكتور محمد هدايت نور واحد رئيس مجلس الشورى الشعبي الإندونيسي

Lihat : http://www.ikhwanwiki.com/index.php?title=%D8%AA%D8%A7%D8%B1%D9%8A%D8%AE_%D8%A7%D9%84%D8%A5%D8%AE%D9%88%D8%A7%D9%86_%D9%81%D9%8A_%D8%A5%D9%86%D8%AF%D9%88%D9%86%D9%8A%D8%B3%D9%8A%D8%A7

Berbeda dengan HTI di Indonesia, mereka resmi menginduk ke HT international dan tidak malu malu menampilkan jati diri mereka.

***
Pembahasan artikel khusus mengenai PKS sebenarnya juga ada di dalam situs Ikhwanwiki tersebut.

Lihat : http://www.ikhwanwiki.com/index.php?title=%D8%AD%D8%B2%D8%A8_%D8%A7%D9%84%D8%B9%D8%AF%D8%A7%D9%84%D8%A9_%D9%88%D8%A7%D9%84%D8%B1%D9%81%D8%A7%D9%87%D9%8A%D8%A9_%D8%A7%D9%84%D8%A5%D8%B3%D9%84%D8%A7%D9%85%D9%8A