Ketika melihat rekaman video ini, saya sangat kagum.

https://www.youtube.com/attribution_link?a=4Fi06InpUbE&u=%2Fwatch%3Fv%3Da8CFFZrBlyo%26feature%3Dshare

Kenapa?

Karena sebagian besar ilmu kristologi yang pernah saya pelajari, dirangkum kesimpulan nya, dan dipraktekkan secara nyata aplikasinya hanya dalam 5 menit dialog saja!!!

Maka dari itu saya sangat kagum dengan video ini, Masya Allah.

Video ini lengkap berdurasi sekitar 11 menit, namun inti dari kristologi menurut Islam dimulai dari menit ke 6 dari video ini hingga selesai.

***
Inti dari Aqidah Islam mengenai nabi Isa alaihis salaam atau Yesus itu sebenarnya ada 3 :
1. Nabi Isa atau Yesus itu bukan Tuhan.

2. Nabi Isa atau Yesus itu hanyalah Nabi utusan Allâh.

3. Nabi Isa sudah memberikan Nubuwat mengenai Nabi Muhammad sebagai Nabi penerus, terakhir, dan sekaligus penutup dari Risalah kenabian.

Yakni Risalah kenabian utusan Allâh sejak dari Nabi Adam alaihis salaam hingga Nabi Isa (Yesus) alaihis salaam , dan ditutup oleh Nabi Muhammad shalalloohu alaihi wa sallam.

Ummat Islam sejak dari awal memiliki Aqidah dan keyakinan akan hal ini mengenai Nabi Isa (Yesus), berikut mengenai hubungan Risalah Tauhid yang berkelanjutan antara Nabi Isa dan Nabi Muhammad.

Semua Ummat Islam memiliki keyakinan seperti ini mengenai Nabi Isa (Yesus), maka dari itu Ummat Islam juga sangat menghormati dan mengimani Nabi Isa (Yesus) sebagai Nabi utusan Allah. Namun beliau bukan Tuhan atau Anak Tuhan.

Nah hanya saja untuk menyampaikan agar sampai pada kesimpulan itu kepada Ahlul Kitab, maka kita harus menggunakan bahasa yang bisa dimengerti dan difahami oleh Ahlul Kitab. Di sinilah kristologi berperan.

Dan saya faham, mempelajari ilmu kristologi agar bisa menyampaikan 3 kesimpulan itu tidak cukup 5 menit saja!!

Akan tetapi dalam praktek nyata, ilmu kristologi ini bisa disampaikan dan diterima pemahaman nya hanya dalam 5 menit saja. Masya Allah.

Maka dari itu, inilah yang membuat saya cukup kagum dengan video ini.

***
Selain kepada Dr Zakir Naik, saya sebenarnya juga cukup kagum kepada mbak Femi yang bisa dengan mudah untuk mendapatkan dan memahami 3 kesimpulan itu.

Saya faham itu tidak mudah bagi beliau, karena itu akan bertentangan dengan semua dogma yang diajarkan kepada nya. Namun Allâh lah yang memudahkan baginya….

Video ini asalnya berdurasi sekitar 11 menit sebagaimana yang saya katakan. Adapun inti aplikasi ilmu kristologi dimulai dari video menit ke 6 hingga selesai. Hanya 5 menit saja!

Skip saja langsung ke menit ke 6 jika mau.

Namun jika ingin melihat secara full 11 menit sejak dari awal, itu juga tidak mengapa.

Insya Allah bermanfaat

