Beredar viral bahwa Framing seakan akan Ustadz Kholid Basalamah membela Ustadz Adi Hidayat, yang sedang ditahdzir akan kesalahan beliau.

Video itu dishare baik melalui WA ataupun youtube dengan cara cara yang licik dan menipu. Yakni dengan cara :

1. Diberikan subtitles pengantar di depan, agar orang orang ter Framing dan misleading bahwa Ustadz Kholid seakan akan sedang membela ustadz Adi Hidayat yang sedang ditahdzir.

2. Dihilangkan rekaman gambar video aslinya, dan ditinggalkan rekaman suaranya saja. Tentu saja maksudnya agar orang orang tidak bisa mengklarifikasi dan mencari sumber aslinya.

3. Setelah selesai rekaman suara itu dipertunjukkan, dilakukan closing yang cantik dengan subtitles caption dan tambahan penjelasan Rekaman suara Ustadz Adi Hidayat yang sedang ditahdzir, agar orang orang terframing dan misleading sesuai dengan kemauan fihak yang mengotak atik dan mengedit video itu.

***
Video yang diedit yang saya maksud adalah yang ada pada Link ini :

https://youtu.be/qj9mNd7PdAs

Sedangkan rekaman video yang asli dari Ustadz Kholid Basalamah yang sudah ada sejak berbulan bulan yang lalu, jauh sebelum ustadz Adi Hidayat ditahdzir adalah ada pada Link ini :

https://youtu.be/am1nSgfaIAk

Silakan perhatikan antara rekaman suara pada Link yang pertama, dan video utuh pada Link yang kedua. Sama bukan?

***
Saya sendiri mempunyai sikap tersendiri terhadap dua asatidz itu, baik Ustadz Kholid Basalamah ataupun Ustadz Adi Hidayat.

Akan tetapi demi keadilan, dan agar video dan rekaman suara Ustadz Kholid tidak disalahgunakan oleh fihak fihak tertentu. Maka hal ini saya jelaskan di sini.

Semoga ini bermanfaat bagi kita semua

Advertisements