Stroke itu ada dua jenis :

1. Stroke sumbatan.
Yakni karena penyumbatan pembuluh darah ke otak.

Sehingga ini menyebabkan otak tidak mendapatkan suplai darah, dan berakibat matinya sel sel di otak.

Penyumbatan pembuluh darah itu biasanya karena kadar kolesterol di dalam darah. Karena rokok juga bisa.

Efeknya terjadi plauge plauge yang sedikit demi sedikit terakumulasi di dinding pembuluh darah, atau gumpalan darah (blood clot) yang langsung menyumbat pembuluh darah itu sendiri.

Yang fatal adalah jika menyumbat pembuluh darah yang berada di jalur jantung, sehingga menyebabkan penyakit jantung. Dan yang menyumbat pembuluh darah yang menuju ke otak, sehingga menyebabkan Stroke.

2. Stroke pendarahan.
Yakni pecahnya pembuluh darah yang berada di otak, sehingga darah membanjiri otak.

Penyebab pecahnya pembuluh darah itu bermacam macam. Bisa karena dinding pembuluh darah yang melemah karena usia. Bisa juga karena terjadi hipertensi (tekanan darah tinggi).

Jadi kalau ada yang punya tekanan darah tinggi harus hati-hati dengan Stroke.

***
Berbeda dengan serangan jantung yang pilihan nya hanya hidup dan mati. Namun jika Stroke ada 3 pilihan : Hidup dan pulih seperti sedia kala, meninggal, atau cacat.

Maka dari itu golden period dalam menangani stroke itu sangat penting. Jika dalam waktu di bawah 3 jam penderita Stroke bisa dibawa ke rumah sakit, maka kemungkinan hidup dan pulih seperti sediakala besar.

Namun jika lebih dari itu, maka dikhawatirkan sudah ada sel sel otak yang mati (jika Stroke tipe penyumbatan) atau darah sudah terlanjur menyebar kemana-mana di bagian otak (jika Stroke tipe pendarahan)

***
Stroke memang rentan biasanya terjadi pada usia lanjut. Namun dewasa ini, karena gaya hidup dan makanan enak, Stroke juga dijumpai terjadi pada usia usia muda yang produktif.

Sumber : Health Talk masalah stroke yang pernah saya ikuti, yang dibawakan oleh seorang dokter spesialis.

Advertisements