Hukum Bermuka Dua

Pertanyaan :

Apakah hukumnya bermuka dua yang menghadapi manusia dengan penampilan yang berbeda-beda. Kami mengharapkan dalil atas hal tersebut ? Semoga Alloh Subhanahu Wata`ala membalas kebaikan atas kalian.

Jawaban :

Orang yang bermuka dua, yang menghadapi sesuatu dengan wajah/penampilan seperti ini dan menghadapi yang lain dengan wajah/penampilan yang lain, adalah sejahat-jahat manusia.

Sebagaimana diriwayatkan dari Nabi Shallallahu` Alahi Wasallam, dan ia adalah salah satu jenis nifaq.

Apabila hal ini sudah mewabah di suatu masyarakat, berarti masyarakat ini adalah tidak lurus. Setiap orang dari komunitas ini tidak percaya terhadap yang lain, selanjutnya tercerai berailah masyarakat itu. Banyak terjadi penipuan dan perbuatan khianat.

Manusia paling jahat pada hakikatnya adalah yang bermuka dua.Sebagaimana terdapat dalam hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam.

“Yang mendatangi mereka dengan satu wajah dan mendatangi yang lain dengan wajah yang berbeda.”(HR.Al-Bukhori dalam al-manaqib (3494);muslim dalam al-Birr(2536).

Seorang muslim harus waspada terhadap perkara ini dan memperingatkan darinya sehingga tidak terjadi berbagai kerusakan yang telah kami jelaskan sebagian di antaranya.

Fatwa syaikh Utsaimin yang beliau tanda tangani

Sumber : Fatwa-Fatwa Terkini jilid 3, hal. 397 cet, Darul Haq, Jakarta.

***

Tanya :

Udzur yg dibenarkan syariat contohnya apa Ustadz?

Jawab :

Yang dimaksud adalah sebagaimana contoh hadits Rasulullah berikut ini,

Seorang lelaki meminta untuk bertemu dengan Rosululloh. Beliaupun berkata: “Izinkan dia. Sungguh dia anak keluarga yang jelek – atau sungguh dia saudara keluarga yang jelek –“ namun ketika dia masuk, beliau berkata lemah lembut padanya.

Aisyah berkata: “Akupun berkata kepada beliau: “Wahai Rosululloh, tadi Anda berkata begini dan begitu namun Anda berkata lemah lembut padanya.”

Beliaupun bersabda:

أَيْ عَائِشَةُ إِنَّ شَرَّ النَّاسِ مَنْزِلَةً عِنْدَ اللهِ مَنْ تَرَكَهُ – أَوْ وَدَعَهُ – النَّاسُ اتِّقَاءَ فُحْشِهِ

“Wahai Aisyah, sesungguhnya seburuk-buruk manusia adalah yang dihindari oleh manusia karena khawatir akan kejahatannya.” [Hr. Bukhari]

 

Tanya :

Muka dua dan muka tebal (tidak tahu malu).. kira’kira bahaya mana bang Kautsar Amru?

Jawab :

Dua hal itu biasanya satu paket.

Ada lagi paket tambahan yang bisa disertakan seperti paket Strawman, paket Playing Victim, paket Argumentum ad Hominem, dan paket Appeal to force.

Biasanya itu dijual terpisah. Tapi kalau ada paket Promo, dan semua itu ada jadi satu. Maka itu yang saya sebut paling berbahaya.

Advertisements