Akan saya ajarkan logical fallacy Strawman (orang orangan sawah)

Strawman fallacy adalah sebuah penyesatan cara berpikir yang terjadi ketika seseorang dengan sengaja atau baper salah merepresentasikan posisi atau argumen lawan diskusi, lalu menyerangnya seakan-akan itulah pandangan/posisi/argumen lawan diskusi.

***
Seperti misal si Juki berkata mengenai masalah A, tapi si Mukidi karena baper kemudian menuduh Juki berkata masalah B. Karena menurut anggapan Mukidi, masalah B itu adalah pandangan dari si Juki.

Padahal Juki tidak pernah ngomong apa apa mengenai B. Dan B itu sebenarnya tidak ada hubungan nya dengan masalah A yang sedang dibicarakan.

Tapi karena “baper” maka apapun jadi, dan bisa dihubung hubungkan.

Ini mirip seperti contoh apa apa mesti dihubungkan dengan konspirasi mamarika, wahyudi, dan laminating.

***
Kenapa dikatakan strawman (orang orangan sawah)? Karena ini digunakan untuk mengecoh para burung agar orang orangan sawah itu dikira sang petani.

Sehingga alih alih berhati-hati dari sang petani, para burung itu akan berhati-hati dan lebih menanggapi orang orangan sawah yang dituduhkan Mukidi karena baper.

Jadinya gimana kalo terjadi seperti itu?

Bagusnya Mukidi disuruh mandi dulu aja biar seger, dan suruh makan biar nggak lapar. Biasanya itu kalo laper dan belum mandi itu orang nya ngomongnya ngaco, mana ngeyel lagi.

Orang itu kadang rese kalo belum mandi dan lapar.

Lho kok pake belum mandi segala?? Bukannya rese itu kalo lapar aja?

Iya benar. Ini cuma agar nggak dibilang niru niru iklan saja Hehe.

***
Kalau di pengadilan ketika terjadi seperti ini, maka akan langsung dikatakan,

“Objection your majesty, that’s irrelevant ”

Atau

“Objection your majesty, that’s not what we said”

Makanya memang sebaiknya ke pengadilan saja, agar orang orang yang nggak faham tipu tipu model ini tidak dikadalin dan mengikuti alur Strawman.

Advertisements