Penting bagi kita untuk memahami bagaimana cara manhaj Salaf Ahlus Sunnah wal Jama’ah itu bisa terjaga dan terpelihara, sejak dari zaman Salaf hingga sampai kepada kita pada zaman ini, tanpa adanya distorsi dan tetap murni sebagaimana asalnya.

***
Manhaj Salaf Ahlus Sunnah wal Jama’ah itu terjaga dan sampai kepada kita melalui :

1. Penjagaan Ahlul Hadits dan metodologi ilmu mustholah nya dalam masalah :

A. Hadits hadits Rasulullah yang terjaga sanad dan periwayatannya dalam memahami dan menjelaskan agama ini.

Serta metodologi untuk memisahkan antara yang Shohih, Hasan, dhoif, dan maudhu’ (palsu)

B. Atsar atsar para Salaf (Sahabat, Tabi’in dan Tabi’ut Tabi’in) dalam memahami dan menjelaskan agama ini, yang terjaga sanad dan periwayatannya.

Serta metodologi untuk memisahkan antara yang Shohih, Hasan, dhoif, dan maudhu’ (palsu)

*
2. Kitab kitab manhaj dan Aqidah yang ditulis oleh para Imam yang masa hidupnya dekat dengan masa para ulama Salaf. Yang mana kitab itu terjaga manuskrip dan sanad periwayatannya, hingga sampai kepada kita.

Kitab kitab ini biasanya terbagi menjadi 2 type :

A. Type Kitab yang menjabarkan pokok pokok Aqidah dan manhaj Salaf.

Kitab ini ada yang hanya bersifat Point Point sederhana, dan ada juga yang merupakan penjabaran yang luas lengkap dengan dalil dalil, hadits, dan atsar atsar Salaf.

Kitab jenis ini yang biasanya yang kita pelajari, seperti misal : kitab Aqidah Salaf Ashabul Hadits, Aqidah Ath Thohawiyyah dan syarah nya, Syarhus Sunnah, dan lain lain.

B. Type Kitab kitab bantahan (rudud), yang membantah para Ahlul Bid’ah dan manhaj mereka, yang menyimpang dari sunnah dan para ulama Salaf.

Kitab jenis ini seperti misal : Ar Radd ‘alal Jahmiyyah, Al Ibanah fii ushuuliddiiniyyah, Al Maqolaatul islamiyyin, dan lain lain.

*
3. Pengamalan dan peninggalan Kitab kitab tulisan para Ahlul Hadits, Ahlul Fiqh, Ahlut Tafsir, Ahli Sejarah, dan yang semisal, yang mengikuti manhaj Salaf Ahlus Sunnah wal Jama’ah dengan sebaik baiknya (Ihsan), dari masa ke masa hingga zaman kita sekarang.

*
4. Kitab kitab ulama kontemporer yang berpegang teguh kepada manhaj Salaf, yang menjelaskan mengenai manhaj dan Aqidah Salaf dengan topik topik yang lebih terperinci. Yang disusun dengan berdasarkan sumber-sumber penukilan yang ada pada point nomer satu, dua, dan tiga di atas.

*
5. Kitab kitab rudud (bantahan) dari para ulama kontemporer zaman sekarang yang teguh berpegang kepada manhaj Salaf Ahlus Sunnah wal Jama’ah, terhadap orang orang dan Kitab-kitab yang menyimpang dari manhaj Salaf pada zaman sekarang ini.

***
Seluruh sumber sumber di atas bebas diakses oleh siapapun, dan tidak eksklusif peredaran nya.

Ini karena sifat dari manhaj Salaf Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang haq itu adalah terbuka dan terang terangan. Semua orang boleh mengakses dan mendapatkan ya. Tidak bersifat sembunyi sembunyi dan ditutup tutupi untuk golongan tertentu saja.

Advertisements