Info aja :

Yahudi itu nama nisbat dari salah satu suku bani Israil. Yakni salah satu anak dari nabi Ya’qub yang dijuluki Israel, yang bernama Yehuda atau Yahuda.

Selain itu Yahudi juga nama panggilan untuk 3 buah suku pendukung kerajaan Yehuda, yang terbuang karena kerajaan nya hancur.

Pasca meninggalnya Nabi Sulaiman, kerajaan bani Israil pecah terbagi menjadi 2 : Kerajaan Israil dan kerajaan Yahuda. 10 suku yang mendukung kerajaan Israel hangus dan tidak ada garis keturunannya lagi, yang tersisa hanya 3 suku dari pendukung kerajaan Yahuda.

***
Lho, 10 + 3 berarti 13 donk? Bukannya anak nabi Ya’qub itu jumlahnya 12? Iya benar. Akan tetapi dalam sejarah, anak keturunan nabi Yusuf dipecah dan dihitung jadi 2 keturunan. Jadi total yang semula 12 jadi 13.

Ohya nabi Musa itu dari suku Levi, bukan suku Yahuda. Nabi Daud baru yang berasal dari suku Yahuda, dan secara otomatis demikian juga Nabi Sulaiman anak dari Nabi Daud.

***
Jadi yang di negara Israel itu, jika mereka adalah keturunan murni Yahudi. Bukan “half-blood”.

Maka mereka itu sebenarnya keturunan para Nabi juga lho.

***

Tanya :

yg dikutuk jadi kera dan babi itu jalur keturunan yg mana mas ??

Jawab :

Palestina pasca dikuasai oleh Nabi Yoshua, murid dan penerus nabi Musa, wilayahnya dibagi bagi menjadi 12 wilayah sesuai dengan suku Bani Israil. Yang mana wilayah itu dipimpin oleh hakim hakim.

Ini yang saya maksud adalah sejarah bani Israil sebelum ada kerajaan bani Israil raya yang bersatu, dengan dipimpin oleh Tholut yang terpilih melalui wahyu yang disampaikan kepada Nabi Samuel. Raja Tholut ini nanti akan digantikan oleh Raja Nabi Daud sebagai raja bani Israil raya yang masih bersatu.

Adapun suku Levi atau Lewi, dia adalah suku ke 13 yang tidak mendapatkan bagian wilayah secara khusus. Suku Levi, sukunya Nabi Musa ini tidak mendapatkan bagian khusus karena dia bertugas di masalah keagamaan untuk seluruh bani Israil. Maka dari itu suku Levi tersebar di ke 12 wilayah suku bani Israil.

Suku Levi mendapatkan bagian 10% dari hasil bumi semua wilayah ke 12 suku bani Israil sebagai upah atas tugasnya.

Shodaqoh wajib 10% dari penghasilan ini kepada sinagog atau gereja, masih dilanjutkan oleh orang Yahudi dan Nasrani yang taat setau saya

Nah adapun yang bani Israil yang melanggar hari sabtu itu ada di wilayah Palestina yang mana dulu?

Jadi tidak semua suku memang, dan juga tidak semua orang yang menghuni wilayah itu. Hanya bani Israil yang di sekitar pantai itu saja, tidak semua orang dari suku wilayah itu juga.

Adapun pantai itu ada di wilayah suku apa, saya nggak tahu penjelasan akan hal itu.

Tanya :

Kitab rujukannya dong

Jawab :

“Agama Yahudi”, Prof Ahmad Sya’labi
“Kekuasaan-kekuasaan di Timur Tengah Sebelum Datang Agama Islam”, Prof. Muchtar Jahja
Kitab kitab dalam perjanjian Lama

Tanya :

Nabi Isa keturunan yahudi juga?

Jawab :

Ya

Tanya :

apakah syariat Nabi Isa menghapus syariat Nabi Musa, sehingga dikatakan orang Yahudi adalah kafir jika dihubungkan dgn Nashrani?

Jawab :

Tidak.

Nabi Isa atau Yesus itu datang bukan untuk menghapus hukum Taurat dan kitab para nabi Bani Israil, akan tetapi menggenapinya.

Nabi Isa itu beda dengan Nasrani.

Diskusi :

Bukannya setiap rosul membawa ajaran baru yang menghapus syariat nabi terdahulu.. (untuk medan / lokasi dakwah yang sama)..
bagaimana dengan para rosul yang sezaman dengan nabi Isa ?

Jawab :

Silakan lihat Injil Matius 5 : 17 untuk perkataan Nabi Isa (Yesus) mengenai hal ini.

Nabi Daud Alaihis Salaam juga diturunkan kitab Zabur pasca diturunkannya kitab Taurat ke Nabi Musa alaihis salaam.

Namun praktek orang Yahudi pada zaman Rasulullah tetap berhukum kepada Taurat, dan rasulullah tidak mengingkari nya.

Bahkan banyak ayat yang berkenaan dengan Yahudi di dalam Al Qur’an dalam konteks Yahudi yang ditemui pada zaman Rasulullah, disuruh untuk melihat ke kitab Taurat yang “benar” dan “jangan mempermainkannya” dengan tipuan atau reduksi yang mereka lakukan

Tanya :

Jadi, salahkah pernyataan “Sebut mereka Yahudi, jangan Israel!”? Mengingat dlm konteks kekinian, yahudi juga ras, seperti ras mongol, arya, cina, dll, dan ras tdk selalu terkait agama sehingga ada cina muslim, arya muslim, dan yahudi muslim. Bahkan salah satu istri rasulullah adalah keturunan yahudi.

Jawab :

Bisa benar dan bisa salah, tergantung maksud dan tujuannya.

Bahasa fiqh nya Al umuur bi maqooshidihaa, (suatu urusan itu tergantung dari maksudnya)

Misal : Rasulullah membolehkan namanya “Muhammad” dipakai atau digunakan untuk menamakan orang lain. Adapun yang dilarang adalah memakai nama Abul Qosim, nama kunyah Rasulullah. Dan hadits ini jelas.

Maka bolehkah jika misal ada orang yang mempunyai nama Muhammad, dia bersalah dan melakukan kemaksiatan. Lalu dikatakan bahwa Muhammad telah bermaksiat?

Sedangkan orang semua faham bahwa Muhammad yang dimaksud bukanlah Rasulullah Muhammad yang nabi itu.

***
Pemahaman yang serupa juga bisa diterapkan ke negara yang menggunakan nama julukan nabi, sebagai nama negaranya.

Advertisements