Jika anda memiliki istri yang mau menerima kekurangan anda dan tidak suka mengungkit-ungkitnya, setelah anda sebenarnya tau kesalahan dan kekurangan anda.

tidak suka membantah anda serta berkelakuan keras kepala, sehingga anda tidak pernah menganggap dia tidak menghormati anda.

tidak suka menuntut anda lebih terutama masalah rumah, kendaraan, dan perabotan rumah tangga setelah anda berusaha memenuhinya dengan tanpa jalan riba dan hutang.

Memiliki pemahaman Islam yang bagus mengenai hukum-hukumnya, dan juga mengenai hak kewajiban suami istri.

Menghormati orang tua anda sebagai mertuanya, dan turut membantu anda untuk membahagiakan mereka.

Memiliki manhaj, pandangan, dan perjuangan agama yang lurus dan semanhaj dengan anda.

Maka anda berada di surga dunia, dan anda dan dia adalah satu team yang solid yang saling mengajak untuk masuk bersama-sama di surga akherat.

Anda tidak akan menyesal telah berdoa walau melewati bertahun-tahun, hingga akhirnya doa anda terkabul dan diijabahi oleh Allah

****
Jika anda memiliki istri yang selalu mencela kekurangan anda dan selalu mengungkit-ungkitnya, setelah anda sendiri sebenarnya tau kesalahan dan kekurangan anda.

Selalu suka berargumentasi, membantah, dan keras kepala sehingga anda merasakan bahwa dia tidak menghormati anda sepenuhnya.

Suka menuntut anda lebih terutama masalah rumah, kendaraan, dan perabotan rumah tangga. Bahkan mendorong anda agar terjatuh ke dalam riba dan terjerat hutang.

Suka bertikai dengan orang tua anda sebagai mertua, dan kurang memiliki rasa sabar terhadap mereka yang sudah banyak memiliki udzur karena usianya.

Memiliki pemahaman Islam yang jelek mengenai hukum-hukumnya, dan terutama hak kewajiban suami istri.

Memiliki manhaj, pandangan, dan perjuangan agama yang jelek atau bahkan acuh tidak acuh. Dan hanya berharap serta bergantung bahwa anda akan memperbaiki dia, tanpa dia mau berusaha untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Maka anda berada di neraka dunia walau secantik apapun istri anda. Dan anda adalah team yang terpecah-pecah dalam usaha untuk masuk ke surga akherat.

Dan anda harus senantiasa berdoa kepada Allah, agar Allah memberikan hidayah baginya dan juga bagi anda, agar anda bisa bersabar dalam membina dan memperbaikinya.

Advertisements