Sebagian buku buku basic masalah pengkafiran yang kami sarankan untuk dipelajari terlebih dahulu.

Buku basic untuk masalah takfir

Setelah menguasai basic ini, barulah kita mempunyai pondasi yang bagus untuk membahas :
1. Ulil Amri dan problematika nya

2. Kewajiban untuk taat kepada ulil Amri dalam hal yang ma’ruf dan bersabar atas kezaliman serta segala sistem kufur yang dijalankannya.

3. Kitab kitab klasik yang khusus ditulis oleh para ulama dalam membahas masalah negara. Seperti : Al Ahkaamus Sulthooniyyah, dan As Siyasah Asy Syar’iyyah.

4. Kitab kitab akademisi modern yang khusus ditulis dalam membahas masalah negara.

5. Diskursus masalah negara Islam dan khilafah di kancah dunia modern ini.

6. Masalah system demokrasi dan konsep social contract Konstitusi, yang lazim digunakan di negara modern sekarang ini.

7. Masalah hukum hukum buatan (wadh’iyyah) yang bertentangan ataupun menggantikan hukum syariat, beserta status orang dan pemerintahan yang melakukan hal itu dalam kacamata Islam.

8. Masalah akar permasalahan dan syubhat – syubhat manhaj demonstrasi, pengkafiran, pembunuhan, terorisme, dan pemberontakan terhadap pemerintah dan aparatur aparat nya.

9. Sejarah pembentukan negara dan Konstitusi nya untuk masing masing negara, agar bisa memahami latar belakang, problematika, dan udzur yang ada pada tiap tiap negara sehingga tidak bisa 100% sama seperti zaman percontohan ideal di masa Rasulullah dan para sahabatnya.

****

Masalah yang terjadi akhir akhir ini, menurut hemat kami, adalah banyaknya orang orang, terutama pemuda yang terbakar api semangat, yang tidak menguasai basic pemahaman yang benar terlebih dahulu.

Namun langsung “digiring” untuk mempelajari masalah masalah yang advance tingkat lanjut itu secara “half baked” .

Akibat yang terjadi adalah keserampangan, radikalisme, dan berbagai macam kemudhorotan yang berbalik menimpa umat Islam sendiri.

Semoga sedikit tulisan dan nasehat ini berguna bagi kita semua.

Baarokalloohu fiik

Advertisements