Aqidah Aa’ Gym dalam masalah “dimanakah Allah” dan “kedekatan Allah”, alhamdulillaah sesuai dengan aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Muhammadiyyah dalam fatwa tarjihnya juga menjelaskan hal yang koheren mengenai bersemayamnya Allah di atas Arsy. Alhamdulillah

Aqidah dan pemahaman yang salah mengenai hal ini akan berakibat seperti :
– Menganggap “dzat Allah” itu berada dimana-mana, bukan “ilmu Allah” ataupun “kekuasaan Allah”. Ini berarti Allah juga ada di tempat2 yang buruk, seperti WC, tempat pelacuran, dll (na’udzubillah)

– Menganggap kita memiliki dzat ilahiyyah yang bisa ditingkatkan levelnya, atau menganggap Allah bisa bersatu dengan kita jika level kita sudah tahap haqiqot.

– Menganggap Allah ada, tapi tanpa tempat dan tanpa arah. Hal ini berakibat kepada pengingkaran Khabar yang Allah kabarkan sendiri mengenai diri Nya di dalam Al Qur’an, dan yang Rasulullah jelaskan dalam haditsnya yang shohih.

Yakni bahwa Allah berada di atas, bersemayam diatas Arsy yang berada di atas langit yang ketujuh. Yang mana jika kita berdoa dan memohon, kita menengadahkan tangan kita dan meminta kepada yang di atas. Dan Allah juga sangat dekat dengan kita sesuai dengan kedekatan yang pantas dengan kesucian dzat, nama, dan sifat Nya.

Menganggap Allah ada, tapi tanpa tempat dan tanpa arah ini juga berkonsekuensi, bahwa mereka itu menyembah dan beribadah kepada “imajinasi” buatan dan rekayasa mereka sendiri sesuai dengan yang mereka sifatkan kepada Allah menurut akal mereka.

Quote :
” Alloh Maha Dekat. Tentu dekatnya Alloh dengan kita itu berbeda dengan dekatnya kita pada benda-benda di sekitar kita. Alloh Swt. bersemayam di atas Arsy, namun pengetahuan-Nya sangat dekat dengan kita, kekuasaan-Nya teramat dekat dengan kita.”

Lihat tulisan Aa’ Gym selengkapnya di : http://www.smstauhiid.com/aagym-al-qoriib/

Advertisements