Hari ini adalah hari ke 26 ramadhan, dan malam nanti tepat setelah waktu maghrib kita akan masuk malam ke 27 bulan ramadhan.

Sebagian shahabat rasulullah berpendapat (bahkan sampai bersumpah) bahwa malam lailatul qadr jatuh pada malam ke 27, dan itu adalah malam nanti.

عَنْ أُبَىِّ بْنِ كَعْبٍ – رضى الله عنه – قَالَ قَالَ أُبَىٌّ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَاللَّهِ إِنِّى لأَعْلَمُهَا هِىَ اللَّيْلَةُ الَّتِى أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِقِيَامِهَا هِىَ لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ

Dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata mengenai malam lailatul qadar, “Demi Allah, aku sungguh mengetahui malam tersebut. Malam tersebut adalah malam yang Allah memerintahkan untuk menghidupkannya dengan shalat malam, yaitu malam ke-27 dari bulan Ramadhan.” (HR. Muslim no. 762).

Itu adalah pendapat sebagian shahabat.

Maka jika memang kuat kemungkinan lailatul qadr akan jatuh malam nanti, maka jangan lewatkan kesempatan ini!

***
Adapun kami, lebih menguatkan pendapat bahwa malam lailatul qadr jatuh pada salah satu malam di 10 terakhir, terutama pada malam ganjil, dengan tanpa memperinci pada malam ke berapa.

Cukup banyak hadits lain yang harus dikompromikan, dan ada juga pendapat bahwa malam lailatul qadr itu berpindah pindah pada tiap tahunnya.

Maka dari itu lebih baik fokus saja pada semua malam di 10 hari terakhir, maka insya Allah kita tidak terlewat dan bisa mendapatkan semuanya.

Imam Nawawi rahimahullah menukil pendapat dari ulama muhaqqiqun,

. وَقَالَ الْمُحَقِّقُونَ : إِنَّهَا تَنْتَقِل فَتَكُون فِي سَنَة : لَيْلَة سَبْع وَعِشْرِينَ ، وَفِي سَنَة : لَيْلَة ثَلَاث ، وَسَنَة : لَيْلَة إِحْدَى ، وَلَيْلَة أُخْرَى وَهَذَا أَظْهَر . وَفِيهِ جَمْع بَيْن الْأَحَادِيث الْمُخْتَلِفَة فِيهَا

“Menurut para ulama yang meneliti, lailatul qadar itu berpindah-pindah setiap tahunnya. Kadangkala di suatu tahun terjadi pada malam ke-27, kadang di malam 23, atau bisa jadi di malam ke-21, atau di malam lainnya. Inilah pendapat yang lebih tepat karena kompromi dari berbagai macam dalil yang ada.”

Namun yang jelas malam nanti adalah malam ke 27,maka jangan disia siakan malam ke 27 ini!

Semoga bermanfaat, baarokalloohu fiik

Advertisements