Ketika saya membaca “Fiqh Asmaul Husna” tulisan Syaikh Abdurrazzaaq Al-‘Abbad dan “Syarh Asma’ wa Shifat” tulisan Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahf Al Qohthony, saya menemukan adanya suatu metode penyusunan yang hampir sama yang ditulis oleh beliau berdua.

Mereka berdua mengumpulkan nama nama Asmaul Husna Allah yang memiliki makna yang berdekatan, namun berbeda lafal nya.

Misal : Al Qodiir, Al Qoodir, dan Al Muqtadir yang sama sama memiliki makna Yang Maha Berkuasa.

Perbedaan bentuk lafalnya secara bahasa Arab memang akan memberikan penekanan pemahaman pada sisi yang sedikit berbeda, namun bentuk dasar dan makna umumnya sama.

Sama juga dengan Asmaul Husna Allah seperti : Al ‘Aliy, Al A’laa, Al Muta’aali yang sama sama bermakna Yang Maha Tinggi.

Pertanyaannya sekarang, faidah apa yang bisa kita ambil dari beberapa Asmaul Husna yang memiliki makna yang hampir sama ini ?

Dan ini cukup banyak….

Hal ini tidak lain karena dua hal :
1. Untuk menunjukkan kesempurnaan, keterpujian, dan keindahan nama dan sifat Allah dari berbagai sisi, untuk suatu pembahasan yang identik, yang mana masing masing sisi itu merupakan nama dan sifat Allah juga.

2. Untuk memperkaya, memperluas, dan memperkuat pemahaman kita akan nama dan sifat Allah pada berbagai sisi untuk makna yang sama atau berdekatan.

****

Dalam aplikasinya,
misal dengan mengetahui dan mengilmui bahwa Allah memiliki beberapa Asmaul Husna yang bermakna Yang Maha Berkuasa (Al Qodiir, Al Qoodir, Al Muqtadir) dan Yang Maha Memberikan Rezeki (Ar Rozzaaq dan Ar Rooziq)

Maka tidak pantas bagi kita untuk berputus asa dalam menghadapi masalah dan berputus asa dalam meminta tolong kepada Allah Yang Maha Kuasa dan Yang Maha Memberikan Rezeki.

Hal itu sangat ringan di sisi Allah, maka dari itu jangan kita putus asa dalam berusaha dan berdoa kepada Nya.

Sembari juga tetap bertawakal dan berprasangka baik kepada Allah, karena Allah juga memiliki nama Al Hakiim dan Al Haakim yang identik dan bermakna, Yang Maha Bijaksana dan Maha Pemutus Perkara.

Dan demikian seterusnya.

Wallaahu A’lam

Advertisements