Rukun dalam beriman terhadap Asmaul Husna adalah :

1. Beriman dengan nama tersebut.
2. Beriman dengan makna yang ditunjukkan oleh nama tersebut.
3. Beriman dengan segala pengaruh yang berhubungan dengan nama tersebut.

Sumber : Syarh Asma’ wa Shifat Allah, Syaikh Said bin Ali bin Wahf al-Qohthony Hafidzahulloh
*******
Misal :
kita beriman bahwa Allah mempunyai nama Ar Rahman (Maha Pengasih), ini berarti kita juga mengimani bahwa Allah memiliki sifat sangat penyayang terhadap makhluk nya.

Sudah sewajarnya kita bisa mengaplikasikan pemahaman ini dengan memahami bahwa Allah sangat kasih dan sayang kepada kita. Tidak sepantasnya kita merasa sepi dan sendiri tanpa merasa ada yang menyayangi kita.

Tidak sepantasnya juga kita merasa bahwa kita adalah makhluk yang sangat Malang dan menderita dalam hidup. Padahal jika dilihat lagi, banyak sekali yang telah Allah berikan kepada kita sebagai bukti kasih sayang Nya yang harus kita syukuri, yang terkadang nikmat itu tidak diberikan kepada orang lain.

Kita diberikan anggota tubuh yang lengkap dan badan yang sehat, maka apakah ini bukan rahmat dan kasih sayang Allah sebagai pencipta kita? Tidak semua orang diberikan kenikmatan ini….

Kita diberikan akal yang cerdas dan kesempatan untuk study di berbagai macam perguruan tinggi, sedangkan tidak semua orang diberikan kesempatan ini walaupun mereka sebenarnya mampu….

Kita diberikan keamanan dan jauh dari rasa takut akan bahaya kelaparan, karena Allah telah memberikan kita rizki yang cukup dengan makanan yang berlimpah dan keamanan dari bahaya… Coba bandingkan dengan yang di daerah konflik ataupun yang sedang dicoba dengan kemiskinan sehingga harus benar benar berjuang demi sesuap nasi…

Dan demikianlah seterusnya….

Fahamilah Rukun dalam mengimani Asmaul Husna dan sifat sifat Allah ini pada Asmaul Husna Allah yang lain.

Tadaburi lah dengan membaca ayat ayat Al Quran dan As Sunnah yang menerangkan mengenai nama Asmaul Husna Allah itu. Tadaburilah juga dengan dikaitkan kepada keadaan kita dan sekeliling kita…

Baarokalloohu fiik

Advertisements